Mengenal Jenis Kejahatan Yang Bisa Terjadi Di Mesin EDC

mesin edc


Mesin EDC merupakan mesin yang tersedia di dekat kasir atau tempat pembayaran di suatu usaha. Bagi yang tidak membawa uang cash, bisa untuk melakukan pembayaran yang tersedia secara mudah lewat mesin tersebut. Pembayaran yang diterima menggunakan mesin EDC ada banyak tergantung dari jenis mesin yang dipunyai. Contohnya untuk pembayaran mesin EDC BCA bisa menerima pembayaran kartu kredit, kartu debit, contactless, QRIS, dan juga dompet digital yang diterima sesuai ketentuan yang dipunyai bank BCA.

Alat pembayaran menggunakan mesin EDC  bisa mempunyai beberapa jenis kejahatan yang bisa terjadi. Kejahatan bisa merugikan konsumen yang melakukan pembayaran menggunakan mesin EDC. Oleh karena itulah biasanya disarankan bagi konsumen melihat dan memperhatikan dengan baik ketika kasir sedang memproses pembayaran transaksi yang dipunyai.

Konsumen perlu untuk melihat banyaknya nominal yang ada di layar yang sesuai dengan pembelanjaan yang dilakukan, sehingga memang membayar dengan nominal yang tepat. Selain dengan selalu berhati-hati dengan langkah tersebut, Anda juga bisa mengenali jenis kejahatan yang bisa terjadi di mesin EDC yang perlu diperhatikan yang terdiri dari:


1. Kejahatan Skimming

Jenis kejahatan pertama yang bisa terjadi di mesin EDC adalah skimming yang juga bisa terjadi pada mesin ATM. Untuk mesin ATM seperti yang telah dikenal adalah proses untuk mengambil data-data yang sifatnya personal dari informasi kartu ATM. Skimming mesin EDC juga mempunyai modus yang sama seperti di mesin ATM. Modus operasi dari kejahatan skimming di mesin EDC adalah dengan memasangkan alat skimming yang ada di mesin EDC.

Alat tersebut bisa digunakan untuk bisa menyalin informasi yang dipunyai oleh kartu yang digunakan untuk pembayaran. Apabila melakukan pembayaran menggunakan kartu debit atau kredit, maka data dari kartu tersebut akan bisa dicuri. Hal tersebut bisa digunakan untuk membuat kartu yang palsu sehingga bisa membuat kartu lainnya yang digunakan untuk transaksi penipuan menggunakan data pribadi yang berhasil dicuri dari konsumen yang menggunakan pembayaran lewat mesin EDC.

 

2.Kejahatan Phishing

Jenis kejahatan selanjutnya yang bisa terjadi di mesin EDC adalah menggunakan kejahatan vishing atau phishing. Model kejahatan tersebut adalah akan mengirimkan email, telepon palsu, sms, dan juga hal lainnya yang meminta informasi dari kartu yang dipunyai. Perlu diingat bahwa informasi dari kartu kredit dan debit adalah sifatnya sangat personal. Bagi yang menyamar menjadi perwakilan bank yang meminta informasi pribadi maka bisa dipastikan adalah penipuan karena tidak ada bank yang akan meminta informasi pribadi dari nasabah. Apabila terkena modus kejahatan ini akan bisa menguras saldo yang dipunyai oleh nasabah atau menggunakan transaksi menggunakan kartu kredit yang dipunyai.

 

3. Kejahatan Penggantian Mesin EDC

Modus selanjutnya kejahatan yang bisa terjadi adalah bisa untuk mengganti mesin EDC. Kejahatan yang satu ini seperti namanya adalah dengan mengganti mesin yang palsu, sehingga hal tersebut akan membuat konsumen akan dirugikan. Pergantian mesin EDC dengan yang tidak resmi tersebut akan bisa membantu untuk mendapatkan informasi kartu yang digunakan untuk pembayaran. Mesin palsu tersebut akan mencuri data yang tentunya akan disalahgunakan karena sudah mempunyai informasi kartu yang seharusnya bersifat personal.

 

4. Kejahatan Overcharging

Modus kejahatan lainnya yang bisa terjadi adalah overcharging yang bisa dilakukan oleh kasir. Ada modus kejahatan yang dilakukan oleh kasir yang berusaha untuk memberikan keuntungan untuk diri sendiri. Di mana salah satu cirinya adalah tidak akan memberikan nota dari transaksi, karena menaikkan nominal pembayaran yang dilakukan. Overcharging tersebut juga merupakan modus kejahatan pembayaran menggunakan EDC yang bisa menaikkan jumlah pembayaran. Hal tersebut akan membuat kerugian bagi konsumen yang membayar lebih dari jumlah seharusnya.

Kejahatan mesin EDC bisa merugikan konsumen dan juga pemilik bisnis dari karyawan yang melakukan kecurangan seperti mengganti mesin hingga overcharging. Bagi pemilik bisnis bisa untuk memantau kerja dari karyawan dalam penggunaan mesin EDC Dengan mengunduh aplikasi Merchant BCA disini. Aplikasi tersebut bisa memantau transaksi yang dipunyai mesin EDC real time, sehingga bisa mencegah kecurangan dan kejahatan menggunakan mesin EDC yang dilakukan oleh pekerja.

 

Posting Komentar